Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo Pengadilan Negeri Praya

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Praya

Jalan Diponegoro No.2 Praya, Kab. Lombok Tengah Telp. (0370) 654082 - Fax. (0370) 653143

Email : umum@pn-praya.go.id

Sistem Informasi Pengawasan MA-RISistem Informasi Penelusuran Perkara


Logo Artikel

SAMBUTAN KETUA PN PRAYA

Sambutan Ketua PN Praya

SELAMAT DATANG DI PENGADILAN NEGERI PRAYA

pak nata

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dengan memanjatkan Puji Syukur Kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Berdasarkan SK KMA No.1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan se-Indonesia segenap jajaran pegawai pengadilan Negeri Praya berusaha untuk melaksanakan Surat Keputusan tersebut dengan mewujudkan website Pengadilan Negeri Praya yang dapat diakses di alamat http://pn-praya.go.id/
Dengan berdirinya situs Pengadilan Negeri Praya diharapkan mampu memenuhi kebutuhan informasi bagi para pencari keadilan guna mengetahui pertimbangan hukum, dasar hukum serta diktum putusan, guna dapat mengukur adanya kepastian hukum, rasa keadilan dan manfaat dari putusan tersebut. Di dalam situs juga telah tersedia Sistem Informasi Penelusuran Perkara guna mengetahui tentang perkara yang sedang ditangani oleh Pengadilan Negeri Praya beserta detail lengkapnya.
Dengan demikian harapan kami selaku pelayanan publik dalam menegakkan hukum dan keadilan dapat mempermudah para pencari keadilan dalam memperoleh informasi dan transparasi yang ada didalam Pengadilan Negeri Praya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.



Ketua Pengadilan Negeri Praya

ttd

PUTU AGUS WIRANATA, SH., MH

Dengan motto "PROAKTIF" Profesional, Akuntabel, Kreatif, Taqwa dan Inovatif Pengadilan Negeri Praya selalu berusaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan kepuasan para pencari keadilan dalam rangka mewujudkan badan peradilan yang agung.

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


  • Berita Terbaru Mahkamah Agung

  • PEMBINAAN PIMPINAN MAHKAMAH AGUNG KE TANJUNG PANDAN
    Jumat, 13 September 2019 11:48 WIB.
    Tanjung Pandan " Humas : Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M. Hatta Ali, SH.,MH beserta para pimpinan Mahkamah Agung melakukan pembinaan teknis dan administrasi Yudisial bagi para Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama sewilayah Bangka Belitung, Sumatra Selatan, Bengkulu dan Lampung, bertempat di ball room hotel BW Suitte Belitung. Kamis 12/9/2019. Dalam pembinaan kali ini, para pimpinan Mahkamah Agung ingin mengetahui permasalahan " permasalahan apa saja yang dihadapi oleh Hakim, Panitera maupun Sekretaris empat lingkungan Peradilan khususnya Bangka Belitung, Sumatra Selatan, Bengkulu dan Lampung, baik secara teknis maupun non teknis. Acara pembinaan ini diikuti tiga ratus peserta dan ditambah para Ketua Pengadilan Tingkat Banding seluruh Indonesia, dan juga dihadiri oleh Hakim Agung, Hakim Ad hoc pada Mahkamah Agung, Hakim Yustisial, pejabat Eselon I dan II pada Lingkungan Mahkamah Agung. (Humas / RS)
    | Selengkapnya |
  • MAHKAMAH AGUNG KEMBALI MENDAPATKAN WTP KELIMA KALINYA DARI TAHUN 2014-2018
    Kamis, 12 September 2019 15:11 WIB.
    Jakarta - Humas. Sekretaris Mahkamah Agung menghadiri Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2019 di Kementerian Keuangan RI. Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2019 mengangkat tema "Optimalisasi Informasi Keuangan di Era Digital Untuk Indonesia Maju". Kegiatan ini dilakukan dari 11-12 September 2019 di Komplek Kementerian Keuangan, Jakarta. Rakernas bertujuan meningkatkan pemahaman dan partisipasi para pemangku kepentingan dalam penyediaan informasi keuangan negara yang andal dan relevan. Dalam kegiatan ini juga, diberikan aspresiasi kepada Kemnetrian Negara/Lembaga (K/L) yang laporan keuangannya memperoleh opini WTP, sekaligus memberikan edukasi kepada K/L yang belum pernah memperoleh opini WTP. Mahkamah Agung kembali mendapatkan Opini WTP berturut-turut untuk yang kelima kalinya. Selanjutnya dalam hal pengelolaan Barang Milik Negara (BMN), Pemerintah juga menyampaikan penghargaan BMN Award kepada 11 K/L dalam 3 kategori (terbagi dalam 3 kelompok K/L) yaitu Utilisasi BMN, Kualitas Pelpoarn BMN, dan sertifikasi BMN, serta 2 kategori tambahan yaitu Continous Improvement dan Peer Collaboration. Kemenkeu mengatakan "Saya ingin memberikan apresiasi BMN kepada Kementerian dan Lembaga yang telah menggunakan atau utilisasi, melaporkan , dan mengamankan BMN kita. Saya ingin menyampaikan juga penghargaan kepada Kementerian Lembaga yang memiliki inovasi didalam penggunaan teknologi informasi didalam pengelolaan BMN". (lh/ip/rs)
    | Selengkapnya |
  • KETUA MAHKAMAH AGUNG TINJAU PENGADILAN NEGERI DAN PENGADILAN AGAMA TANJUNG PANDAN
    Kamis, 12 September 2019 13:30 WIB.
    Tanjung Pandan " Humas : Disela " sela kunjungan kerja Pembinaan ke Tanjung Pandang, Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M. Hatta Ali, SH., MH beserta Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Ketua Kamar Pidana dan Militer, serta para pejabat Eselon I meninjau gedung Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Tanjung Pandan pada hari ini Kamis, 12/9/2019. Pada kunjungan kali ini Ketua Mahkamah Agung beserta rombongan ingin melihat penerapan e-court yaitu aplikasi administrasi perkara berbasis online pada pengadilan tingkat pertama. Penerapan e-court ini mengatur mulai dari pengguna layanan administrasi perkara, pendaftaran administrasi perkara, pemanggilan para pihak, penerbitan salinan putusan, dan tata kelola administrasi, pembayaran biaya perkara yang seluruhnya dilakukan secara elektronik / online saat mengajukan permohonan / gugatan. Kunjungan ke Tanjung Pandan ini merupakan acara pembinaan teknis dan administrasi Yudisial bagi para Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama sewilayah Bangka Belitung, Sumatra Selatan, Bengkulu dan Lampung. (humas)
    | Selengkapnya |
  • SEKRETARIS MAHKAMAH AGUNG TINJAU KEGIATAN DESK EVALUASI PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI (WBK)
    Senin, 09 September 2019 21:23 WIB.
    Jakarta " Humas : Sekretaris Mahkamah Agung A. S. Pudjoharsoyo bersama dengan Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi Muhammad Yusuf Ateh meninjau pelaksanaan desk pembangunan zona integritas menuju WBK pada hari Senin, 9/9/2019, bertempat dihotel Grand Kemang Jakarta. Dalam kegiatan kali ini, tiap satuan kerja (Satker) memaparkan program dan inovasi yang dilakukan dalam pembangunan zona integritas pada 6 area perubahan zona integritas, yakni manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen sumber daya manusia, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik dihadapan team penilai Kemenpan RB. Desk evaluasi pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi ini, merupakan salah satu tahapan untuk mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), sehingga diharapkan indek persepsi korupsi dan pelayanan publik dapat menjadi lebih baik. Acara yang berlangsung dari tgl 9 " 12,16 dan 17 September 2019 diikuti oleh 177 satuan kerja empat lingkungan peradilan seluruh Indonesia. ( humas )
    | Selengkapnya |
  • RAPAT PLENO PENYUSUNAN FORMAT (TEMPLATE) DAN PEDOMAN PENULISAN PUTUSAN/ PENETAPAN PENGADILAN LINGKUNGAN PERADILAN MILITER
    Senin, 09 September 2019 14:16 WIB.
    Jakarta - Humas: Kamar Militer Mahkamah Agung berkerjasama dengan Biro Hukum dan Humas BUA Mahkamah Agung, sukses menyelesaikan Penyusunan Format (template) dan Pedoman Penulisan Putusan/Penetapan Pengadilan Lingkungan Peradilan Militer, acara yang bertempat di hotel Mercure Convention Center Ancol, diselenggarakan dari tanggal 04 September 2019 hingga 06 September 2019. Acara dibuka langsung oleh Yang Mulia, Ketua Kamar Militer, Dr. Burhan Dahlan, SH., MH. Acara diawali dengan laporan ketua tim penyusunan format (template), Yang Mulia Hidayat Manao SH., MH. (Hakim Agung pada Kamar Militer). Dalam laporannya, ketua tim menyampaikan bahwa Tim penyusunan format (template) dan pedoman penulisan putusan/ penetapan pengadilan di lingkungan militer, telah bekerja membuat template sejak rapat pertama, yaitu pada tanggal 21 Mei 2019, dan dilanjutkan dengan beberapa rapat- rapat berikutnya. Dari rapat- rapat tersebut kemudian menghasilkan beberapa template, seperti Template Pemidanaan, Template Putusan penetapan, Template Putusan Perlawanan, Template Putusan Gugur, Template Putusan Berita Acara, dan Template Perbedaan Pendapat. Dalam kegiatan penyusunan template ada beberapa perubahan anggota tim dikarenakan adanya mutasi, namun alhamdulillah dalam pelaksanaan penyusunan pedoman selama ini terlaksana dengan aman dan lancar sambungnya. Kegiatan Penyusunan Format (template) dan Pedoman Penulisan Putusan/Penetapan Pengadilan Lingkungan Peradilan Militer ini turut dihadiri Hakim Agung Kamar Militer, Dr. Drs. H. Dudu Duswara Machmudin, SH., MHum, Kepala Pengadilan Militer Utama (Kadilmiltama) Jakarta, Mayjen TNI Agus Dhani Mandaladikari, SH., MHum, Panitera Muda Militer Mahkamah Agung, Brigjen TNI, Dr. Slamet Sarwo Edy, SH., MHum, dan beberapa Hakim pada DILMILTAMA Jakarta, Hakim pada DILMILTI- Jakarta, Hakim pada DILMIL-Jakarta, Asisten/PP Hakim Agung pada kamar militer, Kabag PUU, Hakim Yustisial, Kasubbag PUU, staff PUU pada Biro Hukum dan Humas BUA MARI, Panitera, Panitera Muda, PP, dan staff pada lingkungan Pengadilan Militer /Utama/Tinggi di wilayah Jakarta, serta perwakilan dari MaPPI FH UI dan AIPJ. Dalam sambutannya, pada pembukaan acara, Yang Mulia Ketua Kamar Militer, mengutarakan bahwa putusan yang ada saat ini pada lingkungan peradilan militer masih belum seragam dan masih ada beberapa yang dianggap tidak sesuai, hal tersebut dikarenakan belum adanya buku pegangan atau pedoman/template yang baku dalam pembuatan putusan. Pedoman/template putusan yang sedang kerjakan ini akan digunakan hakim dalam membuat putusan, sehingga pada saat pembuatan putusan hanya mengikuti template pedoman yang telah ada. Pedoman ini nantinya akan dibuat buku dan akan di bagikan ke setiap pengadilan di lingkungan peradilan militer sebagai pedoman. Demikian kiranya, dengan ini acara secara resmi dinyatakan dibuka ujarnya, sambil mengetok palu, sebagai simbolis membuka acara. Selanjutnya acara diisi dengan pembahasan dan diskusi selama 3 (tiga) hari, dimana terlihat suasana yang hangat dan terkadang terjadi perdebatan, serta diskusi berjalan alot, namun hal tersebut terjadi untuk memperoleh template yang lebih bagus. Pada akhir acara, semua template bisa diselesaikan tepat pada waktunya, dan para peserta terlihat masih bersemangat, walapun selama dua malam bekerja hingga larut. Dan yang terpenting, Yang Mulia Ketua Kamar Militer tampak puas dengan hasil yang dicapai. Penutupan acara pada hari Jumat, 06 September 2019, Yang Mulia Hidayat Manao SH., MH. (Hakim Agung pada Kamar Militer) selaku ketua tim penyusunan format (template), menyerahkan hasil rapat pembahasan selama 3 (tiga) hari ini kepada Yang Mulia, Ketua Kamar Militer, dan selanjutnya acara ditutup langsung oleh Yang Mulia, Ketua Kamar Militer, Dr. Burhan Dahlan, SH., MH., dan diakhiri dengan foto Bersama.(Humas / AJC / MSP)
    | Selengkapnya |
  • Berita Terbaru Badan Peradilan Umum

  • SURAT PERMOHONAN MAAF ATAS TINDAKAN MEREKAYASA DAN MENYEBARLUASKAN BERITA PALSU (HOAX) TENTANG HASIL TPM HAKIM 8 AGUSTUS 2019
    Jumat, 09 Agustus 2019
    Lampiran FileDescriptionFile sizeDownloads SURAT PERNYATAAN PERMOHONAN MAAF.pdf 32 kB2559
    Selengkapnya
  • PEMANGGILAN PESERTA BIMBINGAN TEKNIS SISTEM INFORMASI PENELUSURAN PERKARA (SIPP) 3.2.0.-6 UNTUK WILAYAH HUKUM PENGADILAN TINGGI MAKASSAR DAN SEKITARNYA TAHUN ANGGARAN 2019
    Kamis, 08 Agustus 2019
    Pemanggilan Peserta Bimbingan Teknis Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) 3.2.0.-6 untuk Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Makassar dan Sekitarnya Tahun Anggaran 2019 Lampiran FileDescriptionFile sizeDownloads Jadwal Acara Bimtek Makassar 2019.pdf 132 kB251 SK Peserta Bimtek SIPP Makassar 2019.pdf 1233 kB564 ST Peserta Bimtek SIPP Makassar 2019.pdf 979 kB401 Surat Undangan Bimtek Makasssar 2019.pdf 516 kB330
    Selengkapnya
  • PENINGKATAN KUALITAS TENAGA TEKNIS BAGI JURUSITA
    Selasa, 06 Agustus 2019
    Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum M.A.R.I menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kualitas Tenaga Teknis bagi Jurusita pada tanggal 31 Juli s.d. 2 Agustus 2019. Acara dilaksanakan di Prime Plaza Hotel Sanur " Bali di Kota Denpasar dan dibuka secara bersamaan dengan kegiatan Penyusunan Pagu Indikatif DIPA 03 T.A. 2020 di Lingkungan Peradilan Umum oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Bapak Dr. Herri Swantoro, S.H., M.H. kegiatan diikuti oleh 41 peserta Jurusita / Jurusita Pengganti Pengadilan Negeri dalam wilayah hukum Pengadilan Tinggi Denpasar dan Pengadilan Tinggi Mataram dengan Narasumber  Dr. Haswandi, S.H., S.E., M.Hum., MM. (Direktur Binganis), H. Adi Wahyono, S.H., M.Hum (Panitera PT Kupang), Yan Witra, S.H., M.H. (Panitera PN Tanggerang) dan Tavip Dwi Jatmiko, S.H., M.H. (Panitera PN Jakbar) dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan teknis para Jurusita / Jurusita Pengganti Pengadilan Negeri dalam melaksanakan tugas sehari-hari, kegiatan ditutup oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Bapak Dr. Herri Swantoro, S.H., M.H. dengan menekankan pentingnya profesionalitas dan kedisiplinan diri yang tinggi dalam menjalankan tugas. (TPU)
    Selengkapnya
  • PEMBAHASAN ROADMAP SISTEM INFORMASI PENELUSURAN PERKARA
    Rabu, 24 Juli 2019
    Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum M.A.R.I menyelenggarakan Kegiatan Pembahasan Roadmap Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Tahun 2019. Acara yang dilaksanakan di Hotel Rocky Bukittinggi pada tanggal 16 s.d. 18 Juli 2019 dibuka oleh Direktur Jenderal Badilum, Dr. H. Herri Swantoro, S.H., M.H dan diikuti oleh 45 orang peserta yang ditunjuk. Berbagai masukan dan rencana pengembangan dalam roadmap diharapkan akan menjadikan SIPP semakin mudah untuk diimplementasikan, termasuk mengenai penggunaan tanda tangan elektronik dalam setiap template yang ada. Dengan penyusunan roadmap diharapkan pengembangan SIPP dapat lebih berdaya guna dan berhasil guna sesuai dengan waktu yang ditentukan, ungkap Dirjen Badilum ketika membuka acara. Hal yang sama juga diungkapkan kembali oleh Zahlisa Vitalita, Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum ketika menutup acara, karena pengembangan SIPP yang baik dan terencana akan dapat menjadi sarana percepatan terwujudnya badan peradilan yang agung. (SEG)
    Selengkapnya
  • EVALUASI KINERJA MELALUI TELECONFERENCE
    Rabu, 10 Juli 2019
    Jakarta, 10 Juli 2019, Dalam rangka efektifitas pelayanan dan pembinaan terhadap Pengadilan Tinggi dan satker di bawahnya, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum dalam hal ini Direktur Jenderal dan para pejabat eselon II mengadakan evaluasi kinerja melalui teleconference. Kegiatan dilaksanakan tanggal 9 dan 10 Juli 2019, bertempat di ruang rapat Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum lantai 3. Pada tanggal 9 Juli 2019 , teleconference terhadap 3 (tiga) Satker, yaitu PT Jayaputra, PT Surabaya dan PT Pekan Baru. Kemudian dilanjutkan hari Rabu tanggal 10 Juli 2019, teleconference dengan PT Makassar, PT Bengkulu, PT Mataram dan PT Banjarmasin  
    Selengkapnya

Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas

Dengan motto "PROAKTIF" Profesional, Akuntabel, Kreatif, Taqwa dan Inovatif Pengadilan Negeri Praya selalu berusaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan kepuasan para pencari keadilan dalam rangka mewujudkan badan peradilan yang agung.